INTERMEZO
5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja
5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja

Menjadi orang yang disukai di tempat kerja tentu menjadi keinginan semua orang. Karena dengan menyukai dan disukai orang-orang di tempat kita bekerja, kita akan lebih nyaman dan produktif dalam bekerja. Tidak ada perasaan apalagi perbuatan yang kurang menyenangkan baik dari orang lain ke kita ataupun sebaliknya.

Sayangnya, hal ini seringkali menjadi problem banyak orang. Baik itu ketika mereka pertama kali memasuki lingkungan kerja tersebut atau bahkan bagi mereka yang sudah lama bekerja disana. Baik itu mereka yang memiliki karakter pendiam dan pemalu, atau bahkan bagi mereka yang memiliki karakter periang dan aktif sekalipun seringkali mengalami masalah serupa.

Cukup menyakitkan ketika kehadiran kita tidak dianggap, kurang diterima atau tidak disukai oleh rekan kerja kita di kantor. Semua itu dipengaruhi dari bagaimana interaksi dan adapatasi kita dengan orang-orang beserta semua yang ada lingkungan kerja. Hal tersebut menentukan apakah kita akan disukai oleh orang-orang yang ada disana atau tidak?.

Meskipun pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang suka terhadap kita. Namun setidaknya kita bisa berusaha untuk membuat sebagian besar dari mereka menerima dan menyukai kehadiran kita diantara mereka.

Maka dari itu, kami pun mencoba untuk mencari tahu apa saja hal-hal yang bisa membuat seseorang disukai di tempat kerjanya. Bahkan tidak hanya di tempat kerja, pada akhirnya tips dibawah ini juga bisa Anda aplikasikan di keluarga, sekolah atau komunitas apapun yang Anda ikut hadir didalamnya.

Dibawah ini merupakan hasil analisa kami dalam melihat bagaimana orang-orang yang disukai di tempat kerjanya berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. Berikut kami sajikan dalam 5 Langkah menjadi orang yang disukai di tempat kerja :

1. Mulai dari Yang Mudah dan Indah

Jangan dulu mencari cara yang susah jika kita bisa memulainya dengan sesuatu yang mudah dan indah. Sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan oleh seorang yang pendiam dan pemalu sekalipun. Tersenyumlah.

Senyum merupakan ekspresi menyenangkan yang bisa kita mulai dan tularkan kepada orang-orang disekeliling kita. Untuk menjadi orang yang disukai, mulailah dengan memberikan senyuman kepada orang-orang yang Anda jumpai. Orang yang dari kedatangannya sudah tersenyum, biasanya memancarkan aura positif dan menyenangkan untuk diajak berinteraksi.

Pertama mungkin Anda perlu sedikit memaksakan diri Anda untuk melakukannya, namun ketika Anda sudah terbiasa dan merasakan dampaknya, lambat laun Anda akan lebih tulus dan natural dalam memberikan senyum yang ramah.

 

2. Tak Masalah Siapa yang Mulai Duluan

Sebagian dari kita selalu menjaga gengsi kita di hadapan orang lain, terlebih orang yang baru kita kenal. Memulai percakapan terlebih dahulu seolah menjadi suatu yang tabu untuk dilakukan. Padahal itulah yang akan membuka hubungan atau interaksi yang baik diantara Anda dan orang-orang di sekililing Anda.

Berapa banyak prasangka yang berbuah salah sangka, tuduhan atau penilaian tanda dasar yang kuat dikarenakan kita tidak pernah berbicara terbuka. Bisa jadi kita tidak disukai ataupun tidak menyukai orang-orang di tempat kerja hanya karena kita tidak pernah berbicara dengan santai untuk memahami karakter dengan sesungguhnya.

Maka dari itu tak masalah siapa yang mulai duluan. Berbicaralah saling mengenal satu sama lain. Ada ratusan topic menarik yang bisa Anda jadikan bahan obrolan.

 

3. Pahami Bahwa Setiap Orang Itu Unik

Kenalilah karakter dan kebiasaan teman kerja Anda. Konflik di tempat kerja atau lingkungan manapun biasanya terjadi karena karakter dan kebiasaan yang berbeda dan saling berlawanan. Misalkan yang satu suka bersih, satunya cuek dan tak acuh. Untuk bisa tetap diterima dan disukai di lingkungan yang sangat beragam ialah :

Pertama, cobalah untuk menyamakan atau menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut, atau

Kedua, cobalah menghargai kebiasaan atau karakter orang lain yang mungkin berlawanan dengan karakter dan kebiasaan kita

Ketiga, Sepakati bersama aturan atau batas dimana kita harus sama-sama menghargai satu sama lain tersebut.

 

4. Perhatikanlah Batas Antara Tawa dan Murka

Seringkali saat kita berusaha untuk disukai orang-orang di sekitar kita termasuk teman kerja. Kita akan mencoba untuk menjadi orang yang hangat, mengeluarkan jokes atau candaan memang salah satu senjata andalan yang terbukti berhasil. Anda pun bisa mencobanya. Namun perhatikanlah batas antara tawa dan murka, karena kalau tidak hati-hati dan melewati batas. Becandaan bisa berubah jadi pertengkaran.

Namun dimanakah batas yang dimaksud?. Selain dari norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan tersebut. Jawabannya ada di point no 3, kenalilah karakter dari teman kerja kita. Becandaan seperti apa yang menyenangkan untuknya dan topic sensitive apa yang sebaiknya tidak kita singgung dengannya.

Tapi sebaliknya, kita harus cukup bijak dan memaklumi apabila ada candaan dari teman kerja kita yang tanpa ia sengaja itu melewati batas. Jangan mudah tersinggung dan memasukan kata atau tindakanya ke dalam hati. Maafkanlah dia, dan jika Anda tidak suka tegurlah dengan baik dan katakana bahwa Anda tidak suka candaan tersebut. Lalu kembalilah menjadi teman yang baik.

 

5. Jadilah Mata Air Untuk Lingkungan Anda

Ibarat mata air yang memberikan kesegaran bagi lingkungan sekitarnya. Menjadi sesuatu yang amat dibutuhkan oleh mahluk disekitarnya untuk bisa hidup dan bertumbuh. Begitupun Anda, jadikan diri Anda sebagai orang yang menebarkan semangat, kebahagiaan dan aura positif untuk rekan kerja Anda. Menjadi teman yang bisa diandalkan, orang yang bisa memberikan solusi dan manfaat bagi lingkungan Anda.

Tak perlu data riset dari lembaga apapun untuk membuktikan bahwa orang yang menebar manfaat selalu disukai oleh lingkungannya. Lihatlah orang-orang di sekeliling Anda, dan temukan seseorang yang ketika menemukan permasalahan, dia akan fokus untuk mencari solusi bukan terus menerus memikirkan masalah apalagi menyalahkan orang lain. Jika ada, amati seperti apa interaksi orang-orang di tempat kerja atau lingkungan yang ia tinggali terhadapnya. Dia pasti sangat disukai.

Itulah 5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai Di tempat kerja yang dapat kami share kali ini. Jika Anda memiliki tips lainnya, jangan sungkan bagikan tips Anda melalui komen dibawah ini. Semoga Bermanfaat.