Blog
Berita
Souvenir Tumbler Murah Berkualitas, Solusi Promosi Lebih Hemat

Murah dan Berkualitas adalah kriteria yang masih digunakan untuk mengambil keputusan saat memesan Souvenir Tumbler. Menyadari kebutuhan konsumen ini, Cera Production yang merupakan produsen souvenir tumbler murah akan memberikan Anda beberapa tambahan informasi dan tips untuk mendapatkan souvenir tumbler dengan harga bersahabat namun dengan kualitas nomor satu. Sebelumnya, mari simak kenapa sih banyak perusahaan memilih souvenir tumbler ini untuk berpromosi?

Alasan Kenapa Souvenir Tumbler Selalu Diunggulkan

Dalam rangka melakukan promosi, perusahaan kerap mengadakan berbagai program baik itu offline maupun online. Misalnya adalah program promosi pengumpulan poin bagi member, kuis berhadiah di media sosial atau event olahraga seperti jalan sehat atau sepeda bersama. Dalam berbagai program promosi itu, perusahaan berusaha memeriahkan acara dengan keberadaan souvenir dan yang kerap ditemui adalah souvenir tumbler.

Ternyata, bukan secara sembarangan perusahaan memilih tumbler sebagai souvenir yang dibagikan. Lantas apa alasannya? Inilah jawabannya.

1. Souvenir Tumbler Itu Murah

Jika dibandingkan dengan souvenir perusahaan lain, souvenir tumbler memiliki harga yang relatif bervariasi mulai dari Rp 40 ribu saja hingga ratusan ribu untuk tumbler eksklusif. Meski murah, souvenir tumbler yang kami tawarkan tetap memiliki kualitas yang baik dan aman.

 

Ingin melihat Katalog Harga Souvenir Tumbler Murah?

Segera download katalog harga lengkap seluruh produk kami melalui link dibawah ini :

2. Souvenir Tumbler Fungsional dan Dekat dengan Target Audiens

Fungsi utama souvenir tumbler adalah memudahkan pengguna untuk menyimpan dan membawa air minum saat beraktivitas sehari-hari. Maka tidak heran, jika kita kerap melihat siswa membawa souvenir tumbler ke sekolah, karyawan menyimpan minuman favorit dan membawanya ke kantor atau bahkan saat piknik keluarga, ibu akan membuat minuman segar dan memasukkannya dalam souvenir tumbler. Karena fungsinya itu, souvenir tumbler menjadi media yang dekat dengan semua orang tidak terkecuali target audiens Anda.

3. Souvenir Tumbler Cocok untuk Target Audiens Segala Umur

Cera Production menyediakan puluhan jenis souvenir tumbler murah. Keberagaman model, warna dan bentuk inilah yang memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk memilih souvenir tumbler yang sesuai dengan target audiensnya. Ya, souvenir tumbler memang cocok untuk semua target audiens dari anak-anak hingga dewasa, asalkan Anda memilihnya dengan tepat. Jangan sampai Anda memilih souvenir tumbler murah dengan warna cerah padahal sebenarnya ditujukan untuk klien bisnis eksklusif.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memilih sendiri souvenir tumbler murah yang cocok untuk target audiens, jangan ragu untuk menghubungi kami dan melakukan konsultasi.

4. Souvenir Tumbler Murah, Media Penyampai Pesan Promosi yang Tepat

Memiliki kedekatan secara langsung dengan target audiens membuat souvenir tumbler menjadi media promosi yang lengkap. Alasannya adalah souvenir tumbler ini mampu menyampaikan pesan promosi dari perusahaan kepada target audiens-nya.

Perusahaan hanya perlu merangkai pesan promosi dengan bahasa yang mudah diingat dan divisualisasikan lewat desain yang menarik. Setelah itu, barulah pesan promosi siap diaplikasikan pada souvenir tumbler murah yang telah dipilih.

 

Tips Mendapat Harga Souvenir Tumbler Murah

Souvenir tumbler murah adalah incaran bagi semua perusahaan. Karena dengan mendapatkan souvenir tumbler murah, perusahaan bisa mengeluarkan budget promosi lebih sedikit alias lebih hemat. Namun, karena murah adalah hal yang dicari, Anda pun harus cermat. Jangan sampai souvenir tumbler murah yang dipesan benar-benar terlihat ‘murahan’, tidak berkualitas dan cepat rusak.

Nah, untuk mendapatkan harga souvenir tumbler murah dengan tepat. Kami memberikan 3 tips ini, simak baik-baik ya.

  • Cari Produsen Tumbler Terbaik dengan Harga Kompetitif

Berkat bantuan Google, Anda bisa menemukan produsen tumbler dari berbagai kota di Indonesia. Namun Anda tidak boleh asal pilih. Selain harga souvenir tumbler murah, Anda harus mengecek kredibilitas dari produsen tumbler tersebut misalnya dari klien, testimoni, prestasi hingga lembaga yang mempercayainya.

Semua kriteria tersebut bisa Anda percayakan pada Cera Production. Karena telah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia seperti Pertamina, Garuda Indonesia hingga Bank Indonesia. Cera Production terpilih sebagai Perusahaan Paling Kreatif Wirausaha Muda Mandiri 2015. Tidak hanya itu, Cera Production juga telah terdaftar di Kementrian Keuangan, SIMPeL dan LPSE.

 

  • Pilih Bahan Plastik untuk Souvenir Tumbler Murah dan Berkualitas

Umumnya souvenir tumbler murah berbahan dasar plastik dengan metode sablon atau insert paper. Meski begitu, kami sudah memastikan bahwa bahan plastik tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga awet dan aman digunakan berulang-ulang kali.

 

Baca Juga: Varian Tumbler Favorit Untuk Promosi Perusahaan

 

  • Souvenir Tumbler Makin Murah dengan Pesan Makin Banyak

Memesan souvenir tumbler dengan jumlah banyak akan membuat harganya semakin murah. Misalnya, Souvenir Tumbler Ace ini memiliki harga Rp 59.000,00 per pcs untuk minimal pemesanan 100pcs. Sementara itu, jika Anda memesan dengan jumlah 400pcs, Anda hanya perlu membayar Rp 45.000 per pcs-nya. Jauh lebih murah bukan? Itulah salah satu alasan kenapa perusahaan kerap merencanakan pembelajaan media promosi untuk satu tahun sekaligus.

 

Souvenir Tumbler Murah Di Bawah 50ribu

Berikut ini kami bantu Anda untuk memilih souvenir tumbler murah yang memiliki harga di bawah Rp 50.000. Tumbler apa sajakah itu?

  1. Tumbler Miami
  2. Tumbler Malibu
  3. Tumbler Sunny
  4. Tumbler Florida
  5. Tumbler Orlando
  6. Tumbler Alaska Icy
  7. Tumbler Dundee
  8. Tumbler Exo
  9. Tumbler Laguna

 

Selain Souvenir Tumblernya Murah, Cera Production Juga Tawarkan Beberapa Kelebihan, Diantaranya :

  • Transaksi yang Aman dan Nyaman

Kami siap memenuhi kebutuhan promosi perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia. Meski hanya mengandalkan komunikasi secara online lewat e-mail, aplikasi chatting atau telepon, Anda bisa percaya pada kami seperti halnya puluhan klien lain yang sukses bekerja sama dengan kami.

Setelah melakukan pemesanan, Anda hanya perlu menunggu proses produksi dan barang dikirim hingga ke perusahaan. Kami pun telah bekerja sama dengan beragam kargo darat dan udara untuk mengantarkan pesanan ke tangan Anda.

  • Layanan Konsultasi dan Desain

Menyadari kebutuhan promosi perusahaan yang berbeda-beda, kami siap membantu Anda untuk berkonsultasi dalam hal perencanaan, penganggaran hingga kebutuhan desain program promosi.

  • Gratis Ongkir Untuk Wilayah Jawa - Bali

Kini pesan souvenir perusahaan tidak perlu ribet karena Ceraproduction.com menyediakan semua kebutuhanmu. Platform baru Cera Production ini tidak hanya memberikan informasi detail produk souvenir perusahaan, tetapi Cera juga menawarkan kemudahan bertransaksi secara online.

Kredibilitas memang selalu menjadi sorotan untuk penjualan online, mengerti hal tersebut Cera membuktikan bahwa perusahaannya bisa dipercaya dengan terdaftar di LPSE, SIMPeL dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Untuk memudahkan konsumen, ceraproduction.com pun dilengkapi dengan layanan download katalog, konsultasi hingga promo gratis biaya kirim. Tidak tanggung-tanggung, gratis pengiriman 10 Ton ditawarkan kepada member Ceraproduction.com yang berada di kota-kota besar Pulau Jawa dan Bali.

 

Untuk konsultasi mengenai harga dan spesfifikasi lainnya, Anda dapat langsung menghubungi staff marketing kami. Semakin Anda cepat menghubungi staff kami, semakin cepat pula mendapatkan katalog souvenir tumbler sesuai spefikasi yang anda inginkan.

 

Chat staff marketing kami sekarang juga

 

Baca Sekarang
Ceraproduction.com Release Harga Cetak Kalender 2019 Terbaru

Menjelang akhir tahun tentu kebutuhan untuk cetak kalender 2019 akan meningkat. Hal ini akan membuat staff perusahaan semakin aktif dalam mencari percetakan untuk memproduksi kalender 2019. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama adalah harga cetak kalender 2019. Harga cetak kalender 2019 menjadi pertimbangan utama sebab umumnya kebutuhan produksi kalender 2019 dalam jumlah ratusan hingga ribuan.

Cetak Kalender 2018

Oleh sebab itu tim Ceraproduction.com merelease harga cetak kalender terbaru 2019 yang akan berlaku hingga akhir tahun ini. Detail harga cetak kalender 2019 yang direlease merupakan jenis kalender yang umum dan banyak digunakan perusahaan. Mulai dari kalender meja / kalender duduk hingga kalender dinding dengan berbagai ukuran dan spesfikasi kami sertakan disini.

HARGA KALENDER MEJA 2019

Harga cetak kalender meja 2018

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Mini Standar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 13 x 10 cm potrait
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with full colour
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 19.500,- / pcs (Laminasi +1.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 15.000,- / pcs (Laminasi +1.500)

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Landscape Standar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 20 x 15 cm Landscape
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with full colour
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 25.800,- / pcs (Laminasi +3.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 19.300,- / pcs (Laminasi +3.300)

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Potrait Standar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 15 x 20 cm Potrait
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with full colour
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 25.500,- / pcs (Laminasi +3.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 18.000,- / pcs (Laminasi +3.300)

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Mini Eksklusif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 13 x 10 cm Potrait
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with Black Fine Linen
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 20.500,- / pcs (Laminasi +1.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 15.500,- / pcs (Laminasi +1.500)

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Potrait Eksklusif

kalender meja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 15 x 20 cm Potrait
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with Black Fine Linen
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 26.600,- / pcs (Laminasi +3.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 19.000,- / pcs (Laminasi +3.300)

 

Harga Cetak Kalender Meja 2019 Jenis Landscape Eksklusif

kalender meja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spesifikasi :

  • 20 x 15 cm Landscape
  • 7 Lembar Full Colour
  • Kertas Ivory 260 gram
  • Tatakan Harboard Carton
  • Covered with Black Fine Linen
  • Laminated Paper
  • Binding Full Ring

Harga :

  • Jumlah 500 pcs : Rp. 26.800,- / pcs (Laminasi +3.500)
  • Jumlah 1000 pcs : Rp. 20.000,- / pcs (Laminasi +3.300)

 

Anda tidak punya banyak waktu untuk browsing ?

Segera download katalog harga lengkap seluruh produk kami melalui link dibawah ini :

 

 

HARGA CETAK KALENDER DINDING 2019

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Bulanan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 12 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Paper 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 32.200,- / eks (cover + 1.700)
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 21.300,- / eks (cover + 1.200)
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 15.950,- / eks (cover + 1.000)

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Dwiwulan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 6 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Paper 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 22.000,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 14.600,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 10.950,- / eks

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Triwulan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 4 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Paper 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 19.100,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 12.400,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 9.350,- / eks

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Caturwulan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 3 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Paper 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 16.300,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 11.100,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 8.750,- / eks

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Semester

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 2 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Paper 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 15.000,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 10.200,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 7.750,- / eks

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Tahunan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 1 lembar tanpa cover
  • Full Color
  • Art Carton 150
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 13.500,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 9.400,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 7.250,- / eks

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Kerja Bulanan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 12 lembar tanpa cover
  • Dua Warna
  • HVS 80
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 23.000,- / eks (cover + 1.200)
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 15.200,- / eks (cover + 1.000)
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 11.350,- / eks (cover + 900)

 

Harga Cetak Kalender Dinding 2019 Kerja Dwiwulan

Spesifikasi :

  • Ukuran 38 x 53 cm
  • 6 lembar tanpa cover
  • Dua Warna
  • HVS 80
  • Finishing Klem Seng

Harga :

  • Jumlah 500 eksemplar : Rp. 18.900,- / eks
  • Jumlah 1000 eksemplar : Rp. 12.000,- / eks
  • Jumlah 2000 eksemplar : Rp. 9.150,- / eks

 

Untuk konsultasi mengenai harga dan spesfifikasi lainnya, Anda dapat langsung menghubungi staff marketing kami. Semakin Anda cepat menghubungi staff kami, semakin cepat pula mendapatkan penawaran harga cetak kalender 2019 sesuasi spefikasi yang anda inginkan.

Chat staff marketing kami sekarang juga.

Baca Sekarang
Intermezo
Jangan Kerja Terus, Kalau 5 Gejala Ini Mulai Kamu Rasakan, Saatnya Kamu Rehat

Bekerja keras boleh saja, namun jangan lupa bahwa segala yang berlebihan itu juga tidak baik. Seringkali seseorang bekerja keras setengah mati ketika ia memiliki tujuan atau keinginan yang ingin dicapai sehingga semangat kerjanya tinggi. Ada pula yang meskipun merasa lelah, namun demi tuntutan yang harus terpenuhi yang dia pikirkan hanya pekerjaan.

Yang parahnya adalah ketika seseorang fokus untuk bekerja keras, ia lupa bahwa ada aspek kehidupan lainnya yang perlu diseimbangkan. Mulai dari kesehatan hingga hubungan bersama keluarga. Seringkali orang lupa bahwa bekerja bukan hanya tentang dirinya dengan perusahaan, namun juga melibatkan hampir semua bagian dari dalam dan luar dirinya.

Bekerja keras membutuhkan jeda.  Bahkan mesin secanggih apapun ketika dipaksa bekerja terus menerus, ia bisa overheating dan secara perlahan merusak banyak elemen didalam mesinnya. Ia perlu dirawat, diperiksa dan diperbaiki secara berkala, dengan begitu ia bisa berfungsi lebih lama.

Begitupun Anda, sekuat apapun Anda saat ini ada kalanya Anda butuh rehat, agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Berhenti sejenak dari rutinitas, ambil cuti dan lakukanlah hal yang membuat Anda kembali bersemangat. Entah itu berlibur, berkumpul bersama keluarga, atau bahkan sekedar bermalas-malasan seharian di dalam rumah. Jika itu bisa merefresh tubuh dan pikiran Anda, lakukanlah.

Namun pertanyaan selanjutnya kapan sebaiknya Anda mengambil rehat dan cuti dari pekerjaan?. Hal itu bisa Anda ketahui dengan menjawab, apakah gejala-gejala dibawah ini mulai Anda rasakan?.

1. Mudah Lelah Saat Bekerja

“Jangan Berhenti Ketika Anda Lelah, Berhentilah Karena Anda Sudah Selesai. Seperti itulah kutipan quotes dari seorang motivator yang kalau ditelan mentah-mentah, nasihat ini malah bisa menjerumuskan seseorang ke pilihan yang salah. Secara makna maksud dari nasihat ini tentu baik, yakni ketika kita memiliki sebuah tujuan, maka jangan pernah menyerah sampai tujuan tersebut tercapai.

Namun dalam penerapannya dalam pekerjaan, tentu hal ini tidak bisa diartikan demikian. Ketika Anda merasa lelah lalu memaksakan diri untuk bekerja. Bukan saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, namun juga bagi pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Sehingga selain beresiko tumbang, hasil kerja Anda juga tidak maksimal.

Apakah saat ini Anda mulai merasakan bahwa kinerja menurun karena tenaga berkurang, mudah capek, fokus dan inisiatif berkurang? Itu artinya Anda butuh rehat.

 

2. Sering Moodie Atau Labil Emosi

Gejala lainnya ketika tubuh dan pikiran mulai lelah dan membutuhkan rehat, adalah munculnya sikap moodie atau berubah ubah suasana hati. Kadang semangat, kadang malas-malasan, mudah tersinggung dan berpikir egois. Dan yang paling parah adalah ketika kita sampai tidak bisa mengatur prioritas pekerjaan dan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu.

Misalkan menjadi orang yang sangat memperhatikan detail hingga harus berjam-jam lamanya merevisi pekerjaan hingga sempurna. Berselancar di internet tanpa tujuan yang jelas, adalah contoh paling real ketika seseorang menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu.

Inilah salah satu bukti bahwa ketika pikirna dan tubuh lelah namun tetap dipaksakan, hal yang dikerjakan pun tidak akan maksimal. Jadi daripada mengerjakan suatu hal yang percuma atau bahkan merusak pekerjaan atau malah kinerja tim. Ambil cuti, berliburlah.

 


Baca Juga :

5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja

Tips Jago Public Speaking Untuk Karyawan Introvert


 

3. Mulai Sulit Berkonsentrasi Pada Pekerjaan

Selarasnya antara tubuh dan pikiran akan sangat mempengaruhi hasil kerja seseorang. Ketika tubuhnya hadir di kantor namun pikirannya terbang entah kemana, hasil kerjanya pun seadanya. Berkonsentrasi penuh pada pekerjaan hanya bisa dilakukan ketika tubuh dan pikiran kita sejalan.

Hal ini bisa diakibatkan tubuh yang lelah dan stress sehingga kemudian otak kita sulit untuk memfokuskan pikiran pada suatu hal. Bisa juga karena kita memiliki hal lain di luar pekerjaan yang sedang menganggu pikiran. Solusi keduanya bisa sama, yakni beristirahatlah dari pekerjaan dan selesaikan urusan Anda itu.

 

4. Muncul Rasa Bosan dan Benci Terhadap Pekerjaan

Sesuka apapun Anda pada pakerjaan saat ini, akan datang saatnya dimana Anda merasa bosan dengan rutinitas yang dijalani. Jenuh saat mengerjakan hal yang sama secara terus menerus merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia. Maka yang perlu kita lakukan hanyalah mengobatinya.

Dalam intensitas yang wajar, weekend atau hari libur bisa cukup mengobati kebosanan. Tapi ketika rasa bosan ini sudah mencapai ubun-ubun, tak jarang mulai tumbuh rasa benci terhadap pekerjaan. Keluh kesah dan bahkan caci maki terhadap apa yang dilakukan mungkin sudah menggumpal dalam hati tanpa berita dikeluarkan. Karena jika Anda pikir lagi, bagaimanapun itu adalah pekerjaan yang sudah kita pilih dan kita bertanggungjawab atas pilihan tersebut.

Kebencian itu seringkali bukanlah rasa benci yang sebenarnya, ia hanya semacam pemberontakan psikis dari tubuh dan pikiran kita karena merasa sudah begitu lelah dan bosan melakukan hal yang sama terus menerus. Rasa benci dan bosan ini biasanya akan hilang dan berubah menjadi rindu, ketika kita berhenti sejenak dan keluar dari rutinitas pekerjaan untuk sementara waktu.

 

5. Mulai Mengalami Masalah Tidur

Tahukah Anda, sekitar 40 juta masyarakat di Amerika mengalami insomnia. Padahal mereka memiliki kegiatan sehari-hari yang aktif dan melelahkan. Seringkali kita berpikir tubuh dan pikiran yang lelah akan membuat kita bisa tertidur dengan lelap. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, kita malah sulit untuk tertidur awal. Jika pun tidur lebih awal, kita akan terbangun di tengah malam.

Apakah Anda juga merasakan gejala diatas?. Hal tersebut bisa dipicu oleh banyak hal, terutama ketika pikiran kita yang masih bekerja memikirkan sisa pekerjaan yang belum diselesaikan, masalah atau konflik di kantor dan lain sebagainya.

Jika sudah begini, cepat selesaikan masalah Anda dan sebelum datang masalah baru beristirahatlah sejenak. Ambil jatah cuti kemudian berlibur bersama orang terkasih bisa jadi solusi untuk Anda coba.

 

6. Kurang Kreatif dan Sulit Mencari Ide Baru

Rutinitas Kadang Membunuh Kreativitas. Dikurung oleh tembok dingin perkantoran, hanya ada computer dan teman kerja yang sibuk dengan urusannya masing-masing. Meski kadang masih ada poster pajangan di dinding dengan quotes penyemangat yang menyuntikan semangat untuk berpikir kreatif. Sisanya, kita berharap bahwa dengan menjelajah di internet kita menemukan ide atau pun solusi yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

Namun selalu akan tiba waktunya, ketika semua hal itu tidak lagi membantu kita untuk berpikir kreatif, menemukan ide ataupun solusi baru. Jika saat ini Anda merasakan gejala seperti ini, itu artinya  sekarang adalah waktu yang tepat, untuk mengajukan cuti ataupun izin untuk rehat sejenak dan keluar dari rutinitas biasanya.

Itulah 6 gejalanya, sekarang pilihan di tangan Anda. Berhenti sejenak untuk kembali bekerja dengan lebih baik atau memaksakan diri meneruskan pekerjaan dengan sisa tenaga yang ada?. Semoga sukses.

Baca Sekarang
Tips Jago Public Speaking Untuk Karyawan Introvert

Tahukah Anda bahwa 82% kesuksesan dalam karir dipengaruhi oleh softskill yang dimiliki oleh orang tersebut?. Hasil Survey yang dilakukan oleh Employment Riset Institute tahun 2005 ini juga mengungkapkan salah satu softskill yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini ialah public speaking atau seni berbicara di depan umum.

Public speaking sudah hampir menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang untuk sukses menapaki dunia kerja, professional ataupun bisnis. Dalam dunia kerja saja, Public speaking dibutuhkan mulai dari :

  • Presentasi
  • Pidato
  • Memimpin rapat/diskusi
  • Jualan
  • Melayani pelanggan
  • Hingga hal-hal sederhna seperti berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan ataupun bawahan.

Tak heran jika seorang actor holywood pernah mengatakan “If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives”-Rob Brown-

Hal ini sangat masuk akal, karena jika kita melihat sejarah dan fakta yang terjadi di lapangan. Mulai dari bagaimana seorang salesman bisa meyakinkan seseorang untuk membeli dagangannya hingga Bagaimana sebuah pidato seorang presiden bisa menggugah rakyatnya untuk berani bertaruh nyawa demi negara. Semua karena kemampuan public speaking yang baik.

Jago Ngomong Sama Dengan Jago Public Speaking?

Ada sebuah mindset yang tertanam di pikiran masyarakat saat ini bahwa orang yang akan menguasai public speaking adalah mereka yang jago ngomong, cerewet, suka melawak dan lain lain. Dimana sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang hanya dimiliki oleh orang-orang dengan karakter ekstrovert.

Hal tersebut kemudian memunculkan pertanyaan. Lalu bagaimana orang-orang dengan karakter introvert yang cenderung pendiam, kaku, dan pemalu bisakah mereka menguasai public speaking juga?. Mari kita simpulkan bersama berdasarkan penjelasan dibawah ini.

Kemampuan berbicara dan kemampuan public speaking merupakan hal yang sebenarnya sangat berbeda. Setiap manusia yang normal tentu bisa berbicara, namun tidak semua yang berbicara bisa melakukan public speaking. Termasuk orang-orang yang cerewet atau banyak bicara pun belum menjadi jaminan bahwa ia akan pandai melakukan public speaking. Salah tingkah, berbicara melantur hingga terlalu melebar dari pokok bahasan merupakan salah satu tantangan bagi seorang ekstrovert dalam menguasai public speaking.

Public speaking bukan sekedar mampu berbicara. Namun dari berbagai definisi yang kami simpulkan public speaking ialah sebuah kegiatan menyampaikan informasi secara lisan kepada satu orang atau lebih dengan maksud menyampaikan informasi, mengajukan pendapat, mempengaruhi, hingga mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Berdasarkan definisi diatas, maka sebenarnya orang yang introvert sekalipun memiliki kesempatan yang sangat luas untuk tetap menguasai public speaking. Malah orang introvert memiliki kelebihan yakni mereka bisa menyampaikan pesan dengan lugas, tegas dan tidak bertele-tele. Hanya saja mereka harus melewati tantangan untuk bisa mengalahkan rasa grogi, takut dan malunya.

Untuk itu Bagi Anda yang merasa memiliki karakter introvert yang ingin menguasai public speaking. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk berlatih berbicara didepan umum (public speaking).

1. Ambil Kesempatan Untuk Berbicara

Sifat pemalu yang dimiliki oleh orang introvert merupakan hal pertama yang harus kita atasi. Bagi Anda yang merasa hal ini ada pada diri Anda, sadarlah tidak ada lagi solusi terbaik selain Anda memberanikan diri untuk mengambil kesempatan untuk tampil atau berbicara. Lawan rasa malumu, dan jadikan kesempatan berbicara didepan sebagai tempat belajar. Mulai dari menyampaikan usul, menjadi presenter/pembicara, moderator, pembawa acara dan lain sebagainya.

 

2. Memilih kosakata Yang Baik

Dalam hal ini orang introvert tidak akan mengalami kesulitan berarti. Lahir dengan sifat pemikir sejati, sebagai orang introvert kita memiliki kelebihan untuk bisa memilih kosakata yang baik.

Dalam teknik bicara, kosakata adalah hal yang sangat penting agar audiens kita bisa memahami informasi yang kita sampaikan. Gunakan kosakata yang singkat, lugas, mudah dipahami namun juga dapat menarik perhatian.

 


Baca Juga :

5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja

Tips Mengadakan Morning Briefing Yang Efektif


 

3. Meminta Saran dan Penilaian

Jangan sungkan untuk meminta saran dan penilaian dari orang lain ketika Anda melakukan public speaking. Hal ini berguna untuk mengukur dan mengevaluasi perkembangan kemampuan public speaking Anda. Usahakan orang yang Anda mintai penilaian juga merupakan orang memiliki kemampuan public speaking yang baik, sehingga dia bisa memberikan saran dan penilaian yang objektif dan membangun.

 

4. Atasi Rasa Grogi

Bukan hal yang baru ketika seseorang yang baru berbicara di depan umum melakukan hal-hal aneh saat tampil. Mulai dari tutur kata yang gagap, penuh filler mulai dari bilang “eeeu” atau kata lain yang diucapkan berulang. Hingga menggerak-gerakan anggota tubuh lain secara tidak sadar, seperti mengusap hidung, menggaruk rambut, atau tangan yang over aktif.

Hal tersebut adalah hal yang wajar diawal sehingga jangan menjadikan ini sebagai alasan untuk ragu dan berhenti belajar.  Karena seiring berjalannya waktu, asalkan kita terus belajar dan bertambahnya jam terbang kebiasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Cara mengatasi kebiasaan ini bisa dengan meningkatkan konsentrasi penuh terhadap apa yang disampaikan sehingga Anda akan segera menyadari jika Anda melakukan hal tersebut. Namun sejauh ini cara yang paling ampuh lainnya adalah dengan mencoba lebih rileks dan santai saat berbicara. Karena pada dasarnya hal ini terjadi ketika kita merasa grogi.

 

5. Latihan dan Persiapan Yang Matang

Latihan dan persiapan merupakan kunci kesuksesan penampilan pertama. Kurang percaya diri dan ingin melakukan hal sesempurna mungkin merupakan hal yang harus diatasi oleh orang introvert. Tidak ada solusi terbaik selain melawannya dengan melakukan latihan dan mempersipkan segalanya dengan matang.

Latihan berbicara di depan cermin sampai lancar, menyiapkan slide yang menarik, materi yang lengkap dan bahkan diselingi dengan video atau demo akan meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara. Haruskah selalu seperti ini?. Kabar baiknya, ketika Anda sudah memiliki jam terbang yang tinggi, Anda akan mulai terbiasa dan memiliki pola tersendiri dalam berbicara di depan umum sehingga terkadang tidak perlu melakuakn latihan atau persiapan sepadat diawal belajar.

Itulah 5 tips jago public speaking untuk Anda karyawan introvert. Ingat, jangan sampai karakter introvert menghalangi kesuksesan karir Anda. Justru sebaliknya, jadikanlah karakter introvert sebagai modal untuk menjadi public speaker yang handal, lugas dan tertata dalam menyampaikan informasi, pendapat atau mempengaruhi audiensnya.

Baca Sekarang
5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja

Menjadi orang yang disukai di tempat kerja tentu menjadi keinginan semua orang. Karena dengan menyukai dan disukai orang-orang di tempat kita bekerja, kita akan lebih nyaman dan produktif dalam bekerja. Tidak ada perasaan apalagi perbuatan yang kurang menyenangkan baik dari orang lain ke kita ataupun sebaliknya.

Sayangnya, hal ini seringkali menjadi problem banyak orang. Baik itu ketika mereka pertama kali memasuki lingkungan kerja tersebut atau bahkan bagi mereka yang sudah lama bekerja disana. Baik itu mereka yang memiliki karakter pendiam dan pemalu, atau bahkan bagi mereka yang memiliki karakter periang dan aktif sekalipun seringkali mengalami masalah serupa.

Cukup menyakitkan ketika kehadiran kita tidak dianggap, kurang diterima atau tidak disukai oleh rekan kerja kita di kantor. Semua itu dipengaruhi dari bagaimana interaksi dan adapatasi kita dengan orang-orang beserta semua yang ada lingkungan kerja. Hal tersebut menentukan apakah kita akan disukai oleh orang-orang yang ada disana atau tidak?.

Meskipun pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang suka terhadap kita. Namun setidaknya kita bisa berusaha untuk membuat sebagian besar dari mereka menerima dan menyukai kehadiran kita diantara mereka.

Maka dari itu, kami pun mencoba untuk mencari tahu apa saja hal-hal yang bisa membuat seseorang disukai di tempat kerjanya. Bahkan tidak hanya di tempat kerja, pada akhirnya tips dibawah ini juga bisa Anda aplikasikan di keluarga, sekolah atau komunitas apapun yang Anda ikut hadir didalamnya.

Dibawah ini merupakan hasil analisa kami dalam melihat bagaimana orang-orang yang disukai di tempat kerjanya berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. Berikut kami sajikan dalam 5 Langkah menjadi orang yang disukai di tempat kerja :

1. Mulai dari Yang Mudah dan Indah

Jangan dulu mencari cara yang susah jika kita bisa memulainya dengan sesuatu yang mudah dan indah. Sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan oleh seorang yang pendiam dan pemalu sekalipun. Tersenyumlah.

Senyum merupakan ekspresi menyenangkan yang bisa kita mulai dan tularkan kepada orang-orang disekeliling kita. Untuk menjadi orang yang disukai, mulailah dengan memberikan senyuman kepada orang-orang yang Anda jumpai. Orang yang dari kedatangannya sudah tersenyum, biasanya memancarkan aura positif dan menyenangkan untuk diajak berinteraksi.

Pertama mungkin Anda perlu sedikit memaksakan diri Anda untuk melakukannya, namun ketika Anda sudah terbiasa dan merasakan dampaknya, lambat laun Anda akan lebih tulus dan natural dalam memberikan senyum yang ramah.

 

2. Tak Masalah Siapa yang Mulai Duluan

Sebagian dari kita selalu menjaga gengsi kita di hadapan orang lain, terlebih orang yang baru kita kenal. Memulai percakapan terlebih dahulu seolah menjadi suatu yang tabu untuk dilakukan. Padahal itulah yang akan membuka hubungan atau interaksi yang baik diantara Anda dan orang-orang di sekililing Anda.

Berapa banyak prasangka yang berbuah salah sangka, tuduhan atau penilaian tanda dasar yang kuat dikarenakan kita tidak pernah berbicara terbuka. Bisa jadi kita tidak disukai ataupun tidak menyukai orang-orang di tempat kerja hanya karena kita tidak pernah berbicara dengan santai untuk memahami karakter dengan sesungguhnya.

Maka dari itu tak masalah siapa yang mulai duluan. Berbicaralah saling mengenal satu sama lain. Ada ratusan topic menarik yang bisa Anda jadikan bahan obrolan.

 

3. Pahami Bahwa Setiap Orang Itu Unik

Kenalilah karakter dan kebiasaan teman kerja Anda. Konflik di tempat kerja atau lingkungan manapun biasanya terjadi karena karakter dan kebiasaan yang berbeda dan saling berlawanan. Misalkan yang satu suka bersih, satunya cuek dan tak acuh. Untuk bisa tetap diterima dan disukai di lingkungan yang sangat beragam ialah :

Pertama, cobalah untuk menyamakan atau menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut, atau

Kedua, cobalah menghargai kebiasaan atau karakter orang lain yang mungkin berlawanan dengan karakter dan kebiasaan kita

Ketiga, Sepakati bersama aturan atau batas dimana kita harus sama-sama menghargai satu sama lain tersebut.

 

4. Perhatikanlah Batas Antara Tawa dan Murka

Seringkali saat kita berusaha untuk disukai orang-orang di sekitar kita termasuk teman kerja. Kita akan mencoba untuk menjadi orang yang hangat, mengeluarkan jokes atau candaan memang salah satu senjata andalan yang terbukti berhasil. Anda pun bisa mencobanya. Namun perhatikanlah batas antara tawa dan murka, karena kalau tidak hati-hati dan melewati batas. Becandaan bisa berubah jadi pertengkaran.

Namun dimanakah batas yang dimaksud?. Selain dari norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan tersebut. Jawabannya ada di point no 3, kenalilah karakter dari teman kerja kita. Becandaan seperti apa yang menyenangkan untuknya dan topic sensitive apa yang sebaiknya tidak kita singgung dengannya.

Tapi sebaliknya, kita harus cukup bijak dan memaklumi apabila ada candaan dari teman kerja kita yang tanpa ia sengaja itu melewati batas. Jangan mudah tersinggung dan memasukan kata atau tindakanya ke dalam hati. Maafkanlah dia, dan jika Anda tidak suka tegurlah dengan baik dan katakana bahwa Anda tidak suka candaan tersebut. Lalu kembalilah menjadi teman yang baik.

 

5. Jadilah Mata Air Untuk Lingkungan Anda

Ibarat mata air yang memberikan kesegaran bagi lingkungan sekitarnya. Menjadi sesuatu yang amat dibutuhkan oleh mahluk disekitarnya untuk bisa hidup dan bertumbuh. Begitupun Anda, jadikan diri Anda sebagai orang yang menebarkan semangat, kebahagiaan dan aura positif untuk rekan kerja Anda. Menjadi teman yang bisa diandalkan, orang yang bisa memberikan solusi dan manfaat bagi lingkungan Anda.

Tak perlu data riset dari lembaga apapun untuk membuktikan bahwa orang yang menebar manfaat selalu disukai oleh lingkungannya. Lihatlah orang-orang di sekeliling Anda, dan temukan seseorang yang ketika menemukan permasalahan, dia akan fokus untuk mencari solusi bukan terus menerus memikirkan masalah apalagi menyalahkan orang lain. Jika ada, amati seperti apa interaksi orang-orang di tempat kerja atau lingkungan yang ia tinggali terhadapnya. Dia pasti sangat disukai.

Itulah 5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai Di tempat kerja yang dapat kami share kali ini. Jika Anda memiliki tips lainnya, jangan sungkan bagikan tips Anda melalui komen dibawah ini. Semoga Bermanfaat.

Baca Sekarang
Tips Mengadakan Morning Briefing Yang Efektif

Apakah kantor Anda sudah terbiasa mengadakan morning briefing?. Atau mungkin memiliki ritual pagi yang lain sebelum mengawali bekerja?. Jika belum, sepertinya Anda perlu membaca terlebih dahulu kenapa morning briefing itu penting dan apa manfaatnya bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri. Baca selengkapnya di artikel ini Kenapa Morning Briefing Itu Penting?

Namun bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan morning briefing, dengan sampainya Anda di blog kami tentunya ada sesuatu yang ingin Anda ubah atau tingkatkan agar morning briefing yang Anda lakukan lebih efektif bukan?.

Untuk itu mari kita langsung saja membahas, seperti apa dan bagaimana cara mengadakan morning briefing yang efektif. Berikut adalah beberapa tips yang kami simpulkan dari pengalaman dan saran dari banyak sumber :

1. Jangan Terlalu Lama

Morning briefing yang efektif tidak memerlukan waktu yang lama. Karena jika terlalu lama pembahasan biasanya akan melebar dan mengurangi jam kerja produktif, namu terlalu cepat pun seringkali pesan utamanya kurang tersampaikan. Sehingga rentang waktu yang idealnya adalah 10 sampai maksimal 20 menit.

Pembatasan waktu yang singkat pada morning briefing menjadi tantangan bagi peserta morning briefing dan atau pimpinan pada khususnya untuk bisa menyampaikan informasi dengan baik.

 

2. Komitmen terhadap waktu, Mulailah berapapun karyawan yang sudah datang

Salah satu faktor tidak efektifnya morning briefing yang paling besar adalah ketepatan waktu. Seringkali kita menunggu semua karyawan kumpul baru memulai morning briefing. Pada akhirnya selain jam kerja molor, semangat menurun dan morning briefing dilakukan tergesa-gesa karena waktu yang disediakan untuk morning briefing tinggal sedikit tersisa.

Untuk itu berapapun yang sudah hadir, mulai saja. Tanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang kuat untuk memulai morning briefing sesuai waktu yang ditentukan. Tentu saja, memberlakukan konsekuensi punishment bisa diberlakukan jika memang dibutuhkan. Hal ini juga untuk menghargai mereka yang sudah datang tepat waktu dan memberikan pelajaran bagi mereka yang telat.

 

3. Bergiliran Menjadi Pimpinan Briefing

Bangunlah budaya perusahaan yang setiap karyawan akan bergiliran menjadi pemimpin morning briefing. Selain menghilangkan kejenuhan jika pimpinan hanya didominasi oleh satu karyawan tertentu saja. Hal ini juga dapat mendorong dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap karyawan, dimulai dengan memberanikan diri berbicara di depan banyak orang dan memimpin rapat kecil ini.

 

4. Lakukan per Divisi atau kelompok tertentu

Selain waktu, agar morning briefing yang dilakukan berjalan lebih efektif maka jumlah peserta yang mengikuti morning briefingnya pun perlu dibatasi. Jumlah yang terlalu banyak cukup menyulitkan pimpinan briefing untuk menguasai audiens (karyawannya). Selain itu informasi yang disampaikan dalam morning briefing biasanya bersifat teknis pada bagian tertentu. Maka dari itu sebaiknya dibagi berdasarkan divisi atau kelompok tertentu.

 

5. Lakukan dengan posisi berdiri

Inilah perbedaan lainnya antara morning briefing dengan rapat lainnya. Agar berjalan efektif Morning briefing bisa dilakukan baik di ruangan maupun di halaman kantor.namun setiap peserta sebaiknya dalam posisi berdiri.

Karena berdasarkan pengalaman posisi ini akan membuat karyawan atau peserta morning briefing lebih fokus pada pembicara atau pemimpin briefing serta lebih mudah untuk diajak bersemangat entah itu berteriak atau melakukan gerakan tertentu.

 

6. Lakukan Dengan Singkat, Padat dan Jelas

Itulah 3 rumus utama dalam menyampaikan informasi, evaluasi hingga motivasi dalam morning briefing. Memang akan menjadi tantangan tersendiri bagi pimpinan morning briefing itu untuk bagaimana caranya membuat peserta atau karyawan lainnya mampu menjalankan aktivitas kerjanya dengan lebih baik dan bersemangat selepas mengikuti morning briefing.

Karenanya memang perlu dilakukan persiapan sedemikian rupa agar pesan-pesan yang ingin disampaikan saat morning briefing bisa di tersampaikan dengan baik meski dengan cara yang singkat.

 

Sebagai gambaran berikut adalah beberapa hal yang biasanya disampaikan ketika morning briefing :

  • Salam pembuka

Morning briefing biasnya dibuka oleh pimpinan briefing, entah itu manager, supervisor atau karyawan lain yang sedang ditugaskan menjadi pimpinan. Ucapkanlah salam dengan semangat dan bisa juga diikuti dengan menanyakan kabar secara umum.

  • Evaluasi

Morning briefing bisa diisi dengan evaluasi atas permasalahan atau hal-hal yang terjadi sebelumnya. Misalkan pencapaian target hari kemarin, kesalahan produksi dan lainnya. Ini perlu disampaikan agar menjadi pembelajaran dan peringatan bagi karyawan lainnya untuk berhati-hati dan melakukan perbaikan kinerja.

  • Informasi

Meskipun saat ini kita sudah terfasilitasi dengan kecanggihan teknologi dimana kita bisa berkomunikasi secara digital baik itu di media social atau pun di group messangers seperti Group WhatsApp, Telegram dan lainnya.

Namun komunikasi dan penyampaian informasi secara tatap muka masih terasa lebih efektif karena interaksi dan penyamaan presepsi bisa terjadi lebih cepat dan tepat. Untuk itu morning briefing adalah waktu yang tepat untuk menyampaikan informasi tertentu.

  • Goals Divisi atau perusahaan

Morning briefing juga merupakan wadah yang tepat untuk menyampaikan dan menyamakan visi dan presepsi dari goals atau target yang ingin dicapai. Entah itu target produksi harian, target penjualan dan lain sebagainya.

  • Motivasi

Apabila informasi yang berhubungan dengan pekerjaan tidak terlalu banyak dan waktu yang tersedia masih cukup. Maka gunakanlah waktu tersebut untuk memberikan motivasi bagi tim atau karyawan kita. Bisa dengan menceritakan kisah orang sukses, studi kasus, sharing pengalaman pribadi yang menggugah atau lainnya. Meskipun singkat, namun jika cara penyampaiannya tepat dan peserta cukup fokus menghayati, seringkali motivasi pada morning briefing sangat mengena di hati.

  • Doa

Bergelut dengan urusan dunia (red: pekerjaan) seharian, jangan sampai membuat kita, tim atau karyawan kita lupa untuk melibatkan sisi religius. Sebagai ritual pagi atau kegiatan yang mengawali pekerjaan, maka biasakan untuk membuka dan menutupnya dengan doa bersama. Berdoalah untuk kelancaran dan keselamatan dalam bekerja serta tentu tercapainya target atau harapan yang diinginkan dalam pekerjaan.

  • Yel-yel

Terakhir melakukan gerakan atau meneriakan yel-yel tertentu untuk melecutkan semangat bekerja tidak ada salahnya untuk dicoba. Entah itu nyanyian, lompat atau injak bumi, tos atau sekedar tepuk tangan, faktanya sebagain besar orang selalu tersenyum setelah melakukannya.

Itulah beberapa tips dalam mengadakan briefing yang efektif, selamat mencoba. Lakukanlah dengan konsisten dan setelahnya kami tunggu cerita menarik tentang perubahan apa yang perusahaan atau tim/divisi Anda alami setelah melakukan morning briefing yang efektif. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Salam.

Baca Sekarang
Tips Marketing Online Untuk Perusahaan B2B

Penggunaan internet dalam bisnis sudah semakin menyeluruh saat ini. Survey terbaru yang dilakukan oleh Markplus Insight menyatakan bahwa 75,3% perusahaan di Indonesia sudah menggunakan internet dalam bisnisnya. Mulai dari operasional  bisnis hingga aktivitas pemasaran mereka.

Berbagai perusahaan mulai dari skala UKM, start up hingga level corporate tak ingin ketinggalan terjun ke ranah digital /online. Tidak hanya perusahaan dengan model bisnis B2C seperti toko-toko online atau model C2C seperti marketplace. Perusahaan dengan model B2B atau business to business pun mulai bermunculan meski tidak sebanyak dan sepopuler ecommerce B2C dan C2C.

Beberapa faktor seperti karakter audiens dan buying behaviour yang berbeda membuat jumlah perusahaan ecommerce B2B di Indonesia masih sedikit. Seperti yang kita tahu, audiens dalam bisnis B2B ialah perusahaan atau organisasi hal ini tentu membuat gaya komunikasi dan strategi online yang mesti diterapkan oleh perusahaan B2B pun berbeda dengan perusahaan B2C.

Meski begitu, di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan B2B Ecommerce yang cukup sukses dan terkenal. Seperti diantaranya Ralali.com, Bizzy.com.id dan CeraProduction.com. Ketiganya cukup berhasil dalam memanfaatkan marketing online untuk bisnis yang mereka jalankan.

Ralali adalah B2B Ecommerce yang melayani kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair, dan Operations). Hampir senada, Bizzy.co.id juga merupakan B2B Ecommerce yang melayani kebutuhan peralatan kantor, produk dan jasa. Sementara CeraProduction.com adalah perusahaan percetakan dan produsen merchandise yang menyasar segmen perusahaan-perusahaan, lembaga pemerintah dan instansi pendidikan.

Belajar dari kesuksesan ketiga perusahaan tersebut. Sebenarnya ada sebuah pola yang dapat diterapkan atau dicontoh oleh perusahaan B2B lainnya yang ingin terjun atau sukses di ranah digital.

Salah satu caranya adalah bagaimana ketiga website Ecommerce B2B ini mendesain tampilan Website mereka sehingga memiliki CRO yang tinggi. CRO yang merupakan kepanjangan dari Conversion Rate Optimization​ ini adalah sebuah sistem untuk meningkatkan persentase pengunjung website yang menjadi customer/pembeli

Dan berikut ini adalah beberapa point CRO yang dapat kita pelajari dari 3 website Ecommerce B2B baik itu Ralali, Cera Production, dan Bizzy :

1. Testimoni Klien atau Pembeli

Tampilan website yang professional terkadang masih menyisakan keraguan bagi perusahaan buyer. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapuskan keraguan tersebut ialah memasukan testimony dari perusahaan buyer atau klien yang pernah ditangani. Transaksi yang besar tentu memiliki resiko yang besar sehingga mereka perlu memastikan bahwa perusahaan B2B Ecommerce tersebut sudah terpercaya.

Jika kita tengok web ralali dan bizzy keduanya langsung memasukan informasi Testimoni di halaman depan. Sementara hampir sama dengan konten testimoni, CeraProduction.com memasukan informasi perusahaan dan produk apa saja yang pernah mereka tangani.

2. Data dan Kontak Perusahaan Yang Jelas

Data dan kontak perusahaan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan itu sangat penting karena perusahaan buyer tentu membutuhkan rasa aman dengan siapa mereka bertransaksi. Mereka cenderung memilih perusahaan atau ecommerce yang memiliki data dan kontak yang jelas dan lengkap mulai dari alamat, no telepon, hingga badan hukum perusahaan.

3. Informasi Prestasi dan penghargaan yang didapatkan perusahaan

Memasukan informasi prestasi dan atau penghargaan yang pernah didapatkan oleh perusahaan di halaman website juga merupakan hal yang akan meningkatkan kepercayaan perusahaan buyer. Perusahaan yang memiliki prestasi dan penghargaan memberikan kesan bahwa perusahaan Ecommerce B2B tersebut bukan hanya menunjukan bahwa perusahaan tersebut benar-benar eksis namun juga terbaik dan di bidangnya.

Prestasi dan atau penghargaan tidak hanya berupa piala atau sertifikat yang diraih dari ajang perlombaan tertentu dan atu diberikan oleh sebuah lembaga. Prestasi yang dimaksud juga bisa merupakan sebuah pencapaian yang dianggap cukup membanggakan bagi masyarakat.

Contohnya bisa kita lihat di web CeraProduction.com di halaman depan yang menampilkan informasi bahwa mereka merupakan perusahaan yang telah menjadi mitra kerja dari berbagai perusahaan multinasional seperti Garuda Indonesia, Indosat, Axio dan lain sebagainya.

Di halaman lainnya Cera juga memberikan informasi bahwa mereka merupakan pemenang dari ajang Wirausaha Muda Mandiri 2015. Hal tersebut tentu akan membuat perusahaan buyer lebih percaya untuk bertransaksi dengan mereka.

4. Media Mention

Ketika sebuah bisnis diliput oleh banyak media, hal itu menyiratkan bahwa perusahaan tersebut memang ada dan cukup diakui keberadaannya. Maka dari itu memasukan informasi liputan media yang pernah mengulas bisnis Ecommerce B2B akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan perusahan buyer. Terlebih diawal bisnis atau perusahaan Ecommerce dibangun.

Menyampaikan informasi bahwa perusahaan Ecommerce B2B sudah diliput oleh media bisa dilakukan dengan beberapa cara. Entah itu mencapture dan memposting ulang liputan media tersebut di web atau bisa juga dengan mencantumkan logo media tersebut di halaman depan.

Dapat kita lihat contohnya di website Bizzy.co.id yang mana web tersebut pernah diulas oleh berbagai media. Sementara CeraProduction.com lebih memilih untuk mengcapture liputan media tersebut ke dalam postingan blog.

5. Live Chat

Salah satu fitur terbaru dalam web eCommerce B2B saat ini ialah fitur live chat. Meskipun sebagian besar informasi sudah detail disampaikan di website namun perilaku masyarakat Indonesia, masih saja membutuhkan komunikasi secara personal melalui chat.

Memahami bahwa kecepatan dan simplicity menjadi hal yang penting saat ini. Maka kini banyak ecommerce termasuk ecommerce B2B yang menggunakan live chat di websitenya sehingga pengunjung web bisa langsung menghubungi staff Customer Service perusahaan jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

Dengan begitu pengunjung tersebut bisa lebih cepat digiring atau dikonversikan menjadi pembeli atau klien. Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan live chat di web ecommerce B2B-nya ialah ralali dan bizzy.

6. Promo

Hal yang tidak boleh ketinggalan di halaman depan sebuah web Ecommerce baik B2C ataupun B2B ialah informasi promo. Karena bagaimana pun juga sampai saat ini, adanya materi promo baik itu diskon, bonus, paket murah dan lainnya masih cukup efektif untuk merangsang dan atau meningkatkan penjualan.

Begitupun ralali.com, bizzy,co.id, dan CeraProduction.com saat kita memasuki halaman depan web mereka. Maka kita akan langsung disuguhi dengan beragam penawaran  promosi yang sedang berlangsung saat itu.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ecommerce B2B dalam mengelola tampilan website mereka agar tampak menarik dan professional. Semoga bermanfaat.

Baca Sekarang
Kenapa Morning Briefing Itu Penting? 5 Alasan Ini Jawabannya

Pernahkah Anda mendengar sebuah pepatah modern yang mengatakan “Take Control Your Habit, Take Control Your Life” ?. Hal ini rupanya tidak hanya berlaku untuk kehidupan kita secara pribadi, namun juga dalam menjalankan suatu perusahaan. Ketika sebuah perusahaan memiliki kebiasaan atau budaya kerja yang baik, maka perusahaan tersebut akan mampu mengendalikan kinerja dan produktifitasnya dengan baik.

Salah satu kebiasaan kecil yang dilakukan oleh banyak perusahaan ialah melakukan morning briefing. Percayakah Anda bahwa kegiatan komunikasi secara tatap muka antara 2 orang atau lebih ini mampu meningkatkan kinerja dan produktfitas karyawannya. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit melakukan morning briefing untuk mendapatkan semangat kerja sepanjang hari.

Istilah morning briefing sendiri memiliki nama lain yang cukup beragam tergantung perusahaan tersebut menamainya apa. Karena tentu saja, penggunaannya pun tidak hanya untuk sebuah pertemuan di pagi hari. Pada dasarnya kegiatan ini bisa dilakukan kapan pun setiap kali sebelum memulai kerja entah itu pagi, sore, malam atau sesuai dengan shift kerja yang berlaku.

Meskipun dengan waktu yang sedikit dan terbatas, namun dilakukan dengan konsisten kegiatan morning briefing ini mampu memberikan dampak yang positif. Beberapa fungsi atau manfaat yang kita dapatkan dengan rutin melakukan morning briefing diantaranya :

1. Menjalin Komunikasi Yang Baik Antar Karyawan

Di era yang serba digital, banyak yang mengira bahwa berkomunikasi secara digital bisa menggantikan komunikasi secara langsung. Sehingga berdiskusi dan menyampaikan arahan melalui grup chat ataupun pesan pribadi dirasa sudah cukup.

Kenyataannya, seringkali terjadi missed komunikasi antara si pemberi pesan dan penerima pesan karena perbedaan presepsi atau penerjemahan dari pesan yang disampaikan. Selain itu, belum semua orang mampu menerima atau menyampaikan sisi emosional yang mampu menggugah dan mempengaruhi penerimanya untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan secara tepat.

Sehingga berkomunikasi secara langsung melalui morning briefing adalah salah satu solusi yang tepat untuk menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan perusahaan. Dengan morning briefing kita, manager, suvervisor atau apapun jabatan kita dapat secara langsung bertemu, berkomunikasi, mendeliver informasi dan emosi secara langsung, cepat dan tepat.

 

2. Membangun Semangat Kerja

Sebelum berangkat kerja, tiap orang tentu mengalami kejadian yang bermaca-macam yang tentunya akan mempengaruhi mood mereka saat bekerja. Sehingga penting bagi seorang manager, supervisor atau pemimpin briefing untuk bisa membangun semangat kerja yang sama sebelum mereka memulai pekerjaannya.

Berbagai trik yang bisa dilakuakn untuk membangun semangat kerja dalam morning briefing diantaranya seperti meneriakan yel-yel, bernyanyi, tepuk tangan, melakukan gerakan tertentu dan lain sebagainya. Selama itu dalam batas kewajaran dan efektif untuk meningkatkan semangat kerja, lakukanlah.

 

3. Membina keakraban dan kekompakan

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Kata-kata perjuangan ini rupanya juga sangat layak dijadikan prinsip dalam membangun perusahaan. Skill atau keterampilan karyawan yang mumpuni sekalipun tanpa kerjasama yang baik dengan karyawan lain hasilnya pasti kurang efektif.

Karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk merekatkan jalinan keakraban antar karyawan dan membina kekompakan tersebut sesuai kepentingan perusahaan. Sehingga satu sama lain tidak lagi sungkan atau malu untuk bertanya, minta tolong dan bekerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika acara outing, gathering dan sebagainya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit, maka melakukan morning briefing ini adalah cara yang sangat murah dan efektif untuk dilakukan.

 

4. Menyatukan Visi dan Presepsi

Tidak dipungkiri setiap orang memiliki visi dan presepsi yang berbeda-beda. Meskipun bekerja dalam tempat dan mungkin jabatan yang sama tapi tujuan yang ingin dicapai, motivasi yang menggerakkan mereka, pandangan mereka terhadap suatu hal tidaklah sama.

Untuk itu, dalam morning briefing ini adalah moment yang tepat untuk menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut. Seorang pemimpin briefing, diharapkan mampu menampung dan mengarahkan visi setiap orang menjadi visi bersama (perusahaan). Bisa dikatakan bahwa morning briefing adalah moment untuk mempengaruhi dan memotivasi tim untuk bekerja mencapai tujuan perusahaan.

 

5. Wadah untuk menyampaikan informasi dan evaluasi singkat

Bisnis adalah kegiatan yang dinamis. Dalam satu bulan, satu minggu bahkan satu hari saja bisa ada banyak perubahan yang mungkin terjadi. Tentu saja hal ini juga memungkinkan ada informasi baru yang perlu diperbaharui dan disampaikan kepada karyawan setiap harinya. Mulai dari progress pekerjaan, target yang sudah tercapai, perubahan prosedur teknis dan lain sebagainya.

Selain itu, evaluasi atas kinerja atau masalah yang terjadi sebelumnya bisa menjadi salah satu bahan yang sebaiknya dibicarakan bersama tim saat morning briefing. Dengan demikian, tim atau karyawan Anda bisa bekerja lebih baik hari ini.

Hanya tentu saja, skala informasi atau evaluasi yang disampaikan dalam morning briefing ini merupakan informasi yang bisa disampaikan dan dipahami dengan waktu yang singkat. Apabila informasi atau evaluasi yang ingin disampaikan cukup panjang, maka sebaiknya disampaikan dalams sebuah meeting yang lebih leluasa waktunya.

Itulah 5 manfaat melakukan morning briefing sebelum mengawali pekerjaan di perusahaan Anda. Dari yang sudah kita sampaikan diatas dapat kita lihat, hanya butuh waktu kurang lebih 10-15 menit saja setiap harinya untuk mendapatkan manfat yang besar bagi perusahaan. Apakah perusahaan Anda sudah terbiasa melakukan morning briefing?.

Jika sudah, tetap konsisten lanjutkanlah. Jika belum,maka saatnya Anda dan tim perusahaan Anda memulai kebiasaan baru yang baik ini. Melakukan morning briefing bukanlah hal yang sulit, namun melakukannya secara konsistenlah yang perlu kita perjuangkan. Karena sebuah perubahan itu bukan hanya tentang hal besar yang kita lakukan dalam satu hari, namun hal-hal kecil yang kita lakukan berulang kali.

Mari lakukan morning briefing mulai hari ini dan jadikan sebagai sebuah kebiasaan baru. Seorang pujangga berkebangsaan Inggris pernah mengatakan hal menarik dalam salah satu karyanya

“We First Make Our Habbits, And Then Our Habbits Make Us” -John Dryden

Sekian, Semoga Bermanfaat.

Baca Sekarang