Home / Blog / Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Jika Senin identik dengan hari yang tidak disukai, Jumat hari yang dinanti maka Selasa adalah hari paling produktif. Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut?

Bukan tanpa fakta yang jelas, sebuah studi berhasil membuktikan bahwa Selasa adalah hari paling produktif dalam sepekan. Survei dari Accountemps, sebuah perusahaan kepegawaian, menyebutkan di hari Selasa karyawan merasa lebih bergairah, fokus dan bersemangat untuk bekerja. Bahkan, 39% HRD mengungkapkan bahwa karyawannya berhasil menuntaskan pekerjaan di hari Selasa. Mereka menambahkan, di hari Selasa pula karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda di hari Senin.

Bisa dikatakan bahwa pada hari Selasa, karyawan mulai menghapus rasa malas di hari Senin dan sudah kembali terbiasa dengan ritme hari kerja. Jadi jika Anda memiliki proyek besar, meeting dan mengejar deadline agendakanlah di hari Selasa untuk mengerjakannya.

Anda Sibuk atau Produktif?

Ingin produktif juga di hari Selasa ini? Namun, coba berhenti sejenak dan lihat apa yang Anda kerjakan sekarang. Anda sekedar sibuk atau benar-benar produktif?

Sibuk dan produktif adalah dua hal yang berbeda. Lantas apa yang membedakannya? Baca tiga perbedaannya ini dan cari tahu mana yang sebenarnya Anda lakukan.

  • Prioritas

Karyawan yang sibuk memiliki banyak prioritas, sedangkan karyawan produktif memiliki sedikit prioritas. Hal tersebut bukan berarti karyawan yang produktif hanya memiliki sedikit pekerjaan. Namun, mereka mengenal betul waktu kerja dan kemampuannya untuk menyelesaikan pekerjaan. Supaya lebih fokus dan hasilnya maksimal, mereka memilih menyelesaikan pekerjaan berdasarkan prioritasnya.

  • Fokus

Berkaitan dengan prioritas pekerjaan, ‘karyawan sibuk’ adalah tipe yang multitasking sedangkan ‘karyawan produktif’ adalah tipe yang fokus pada satu tugas dalam waktu tertentu. Bukankah fokus pada satu tugas terlebih dulu jauh lebih baik?

  • Pengambilan keputusan

Sebagai karyawan, kita pun berhak mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas kita. Sayangnya, karyawan yang sibuk cenderung berkata ‘Ya’ pada setiap permintaan dari atasan. Sementara itu, karyawan yang produktif tahu kapan saat mengatakan ‘Tidak’ pada suatu permintaan. Tentu saja disertai dengan pertimbangan dan alasan yang logis.

Produktivitas Jadi Penentu Kesuksesan Karier dan Perusahaan

Karyawan sebagai penggerak perusahaan tentu menjadi bagian penentu kesuksesan. Karyawan yang produktif bisa berkontribusi pada kemajuan perusahaan sebaliknya karyawan yang pemalas justru bisa jadi penghambat. Perusahaan yang tegas pun memilih untuk memberhentikan karyawan yang pemalas, dan menggantikannya dengan karyawan baru yang memiliki semangat kerja yang tinggi.

Produktivitas menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan apakah karyawan tersebut teladan atau tidak. Selain rugi bagi perusahaan, produktivitas juga bisa berdampak pada perjalanan karier Anda. Contoh buruk jika produktivitas Anda rendah adalah tidak memiliki komitmen pada bidang pekerjaan yang membuat karier Anda stagnan atau justru diberhentikan dari perusahaan. Tentu hal itu bukanlah hal yang Anda inginkan.

Tips Produktif dari Senin hingga Jumat

Pekerjaan yang selesai tepat waktu, tidak ada lembur dan bonus kinerja adalah idaman bagi setiap karyawan, mungkin juga termasuk Anda. Kunci dari keunggulan itu adalah produktivitas. Jika saat ini Anda merasa kurang produktif, maka jangan khawatir. Segeralah berbenah selagi masih ada kesempatan.

Meski Selasa dikenal hari paling produktif nyatanya satu hari saja tidak cukup sehingga Anda perlu produktif sepanjang hari dalam sepekan. Memaksimalkan delapan jam kerja untuk menyelesaikan tanggung jawab sebaik mungkin. Kali ini Cera Production berhasil merangkum empat cara supaya Anda selalu produktif setiap saat.

1. Tata Meja Kerja

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya! (3)

Meja kerja bisa diibaratkan sebagai ‘kamar’ di kantor. Meja kerja yang ditata sesuai selera tentu akan membuat Anda nyaman. Jika sudah merasa nyaman, Anda pun bisa bekerja dengan baik dan semakin produktif.

Jadi, jangan ragu untuk menghias meja kerja dengan barang-barang favorit. Selain barang khas ‘karyawan kantoran’ seperti laptop atau komputer, kalender, agenda dan dokumen kerja, Anda bisa meletakkan tanaman hias, figura foto, action figure atau barang-barang lain yang menyenangkan bagi Anda.

2. Susun Daftar Pekerjaan

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu, Anda perlu menyusun daftar pekerjaan sesuai dengan prioritasnya. Supaya tidak lupa, catatlah di buku agenda kerja yang bisa Anda bawa kemana pun. Dengan begitu, ketika mendapatkan ide, Anda juga bisa langsung mencatatnya.

Begitu juga jika pekerjaan sudah selesai, Anda tinggal memberi tanda checklist pada daftar dan bersiap melanjutkan pekerjaan yang lain.

3. Singkirkan Pengganggu

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Apa saja yang membuatmu tidak fokus? Smartphone, notifikasi e-mail atau social media? Singkirkan segala pengganggu itu, agar Anda senantiasa produktif. Jika merasa smartphone dengan segala notifikasinya menganggu, jangan ragu untuk mematikannya. Mungkin e-mail cukup penting untuk pekerjaan, maka cek saja dengan waktu tertentu misalnya pagi setelah tiba di kantor, jam istirahat dan sebelum meninggalkan kantor.

4. Beri Motivasi Diri

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Penyemangat terbesar untuk meningkatkan produktivitas adalah diri Anda sendiri. Motivasi paling sederhana bisa Anda lakukan dengan menempelkan sticky note berisi quote penyemangat atau mengganti desktop laptop dengan tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Jika pekerjaan sudah terselesaikan dengan baik, itulah waktunya Anda memberikan penghargaan pada diri sendiri. Misalnya dengan makan makanan favorit, belanja atau traveling.

5. Selingi dengan Istirahat

Jangankan Selasa, Tiap Hari adalah Hari Produktif. Ini Rahasianya!

Produktif bukan berarti menghabiskan delapan jam kerja dengan menatap layar laptop. Anda perlu berhenti dan istirahat sejenak. Gunakan waktu tersebut untuk stretching, power nap, makan siang dan bersosialisasi dengan rekan kerja.

Menjadi karyawan produktif bukanlah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Anda hanya butuh komitmen yang kuat serta tindakan yang tepat. Dengan begitu, setiap hari adalah hari produktif. Selamat bekerja!

barang promosi barang promosi kantor barang promosi perusahaan corporate gift distributor barang promosi Distributor barang promosi murah distributor souvenir kantor distributor souvenir kantor murah distributor souvenir perusahaan distributor souvenir perusahaan murah distributor souvenir promosi grosir souvenir kantor harga corporate gift harga hadiah harga hadiah unik harga merchandise promosi harga souvenir kantor harga souvenir kantor murah harga souvenir perusahaan harga souvenir promosi jual barang promosi jual barang promosi murah jual corporate gift jual hadiah jual merchandise jual souvenir kantor jual souvenir kantor murah jual souvenir perusahaan jual souvenir promosi merchandise merchandise kantor merchandise perusahaan Merchandise promosi produsen barang promosi produsen barang promosi murah produsen corporate gift produsen hadiah produsen merchandise produsen souvenir kantor produsen souvenir kantor murah produsen souvenir perusahaan produsen souvenir perusahaan murah produsen souvenir promosi pusat barang promosi pusat corporate gift pusat souvenir kantor pusat souvenir kantor murah pusat souvenir perusahaan pusat souvenir perusahaan murah pusat souvenir promosi souvenir kantor souvenir kantor murah souvenir perusahaan souvenir perusahaan murah supplier barang promosi Supplier Barang Promosi Murah supplier souvenir kantor supplier souvenir kantor murah supplier souvenir perusahaan supplier souvenir perusahaan murah

Comments are closed.

Scroll To Top