INTERMEZO
Tips Marketing Online Untuk Perusahaan B2B
Tips Marketing Online Untuk Perusahaan B2B

Penggunaan internet dalam bisnis sudah semakin menyeluruh saat ini. Survey terbaru yang dilakukan oleh Markplus Insight menyatakan bahwa 75,3% perusahaan di Indonesia sudah menggunakan internet dalam bisnisnya. Mulai dari operasional  bisnis hingga aktivitas pemasaran mereka.

Berbagai perusahaan mulai dari skala UKM, start up hingga level corporate tak ingin ketinggalan terjun ke ranah digital /online. Tidak hanya perusahaan dengan model bisnis B2C seperti toko-toko online atau model C2C seperti marketplace. Perusahaan dengan model B2B atau business to business pun mulai bermunculan meski tidak sebanyak dan sepopuler ecommerce B2C dan C2C.

Beberapa faktor seperti karakter audiens dan buying behaviour yang berbeda membuat jumlah perusahaan ecommerce B2B di Indonesia masih sedikit. Seperti yang kita tahu, audiens dalam bisnis B2B ialah perusahaan atau organisasi hal ini tentu membuat gaya komunikasi dan strategi online yang mesti diterapkan oleh perusahaan B2B pun berbeda dengan perusahaan B2C.

Meski begitu, di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan B2B Ecommerce yang cukup sukses dan terkenal. Seperti diantaranya Ralali.com, Bizzy.com.id dan CeraProduction.com. Ketiganya cukup berhasil dalam memanfaatkan marketing online untuk bisnis yang mereka jalankan.

Ralali adalah B2B Ecommerce yang melayani kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair, dan Operations). Hampir senada, Bizzy.co.id juga merupakan B2B Ecommerce yang melayani kebutuhan peralatan kantor, produk dan jasa. Sementara CeraProduction.com adalah perusahaan percetakan dan produsen merchandise yang menyasar segmen perusahaan-perusahaan, lembaga pemerintah dan instansi pendidikan.

Belajar dari kesuksesan ketiga perusahaan tersebut. Sebenarnya ada sebuah pola yang dapat diterapkan atau dicontoh oleh perusahaan B2B lainnya yang ingin terjun atau sukses di ranah digital.

Salah satu caranya adalah bagaimana ketiga website Ecommerce B2B ini mendesain tampilan Website mereka sehingga memiliki CRO yang tinggi. CRO yang merupakan kepanjangan dari Conversion Rate Optimization​ ini adalah sebuah sistem untuk meningkatkan persentase pengunjung website yang menjadi customer/pembeli

Dan berikut ini adalah beberapa point CRO yang dapat kita pelajari dari 3 website Ecommerce B2B baik itu Ralali, Cera Production, dan Bizzy :

1. Testimoni Klien atau Pembeli

Tampilan website yang professional terkadang masih menyisakan keraguan bagi perusahaan buyer. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapuskan keraguan tersebut ialah memasukan testimony dari perusahaan buyer atau klien yang pernah ditangani. Transaksi yang besar tentu memiliki resiko yang besar sehingga mereka perlu memastikan bahwa perusahaan B2B Ecommerce tersebut sudah terpercaya.

Jika kita tengok web ralali dan bizzy keduanya langsung memasukan informasi Testimoni di halaman depan. Sementara hampir sama dengan konten testimoni, CeraProduction.com memasukan informasi perusahaan dan produk apa saja yang pernah mereka tangani.

2. Data dan Kontak Perusahaan Yang Jelas

Data dan kontak perusahaan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan itu sangat penting karena perusahaan buyer tentu membutuhkan rasa aman dengan siapa mereka bertransaksi. Mereka cenderung memilih perusahaan atau ecommerce yang memiliki data dan kontak yang jelas dan lengkap mulai dari alamat, no telepon, hingga badan hukum perusahaan.

3. Informasi Prestasi dan penghargaan yang didapatkan perusahaan

Memasukan informasi prestasi dan atau penghargaan yang pernah didapatkan oleh perusahaan di halaman website juga merupakan hal yang akan meningkatkan kepercayaan perusahaan buyer. Perusahaan yang memiliki prestasi dan penghargaan memberikan kesan bahwa perusahaan Ecommerce B2B tersebut bukan hanya menunjukan bahwa perusahaan tersebut benar-benar eksis namun juga terbaik dan di bidangnya.

Prestasi dan atau penghargaan tidak hanya berupa piala atau sertifikat yang diraih dari ajang perlombaan tertentu dan atu diberikan oleh sebuah lembaga. Prestasi yang dimaksud juga bisa merupakan sebuah pencapaian yang dianggap cukup membanggakan bagi masyarakat.

Contohnya bisa kita lihat di web CeraProduction.com di halaman depan yang menampilkan informasi bahwa mereka merupakan perusahaan yang telah menjadi mitra kerja dari berbagai perusahaan multinasional seperti Garuda Indonesia, Indosat, Axio dan lain sebagainya.

Di halaman lainnya Cera juga memberikan informasi bahwa mereka merupakan pemenang dari ajang Wirausaha Muda Mandiri 2015. Hal tersebut tentu akan membuat perusahaan buyer lebih percaya untuk bertransaksi dengan mereka.

4. Media Mention

Ketika sebuah bisnis diliput oleh banyak media, hal itu menyiratkan bahwa perusahaan tersebut memang ada dan cukup diakui keberadaannya. Maka dari itu memasukan informasi liputan media yang pernah mengulas bisnis Ecommerce B2B akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan perusahan buyer. Terlebih diawal bisnis atau perusahaan Ecommerce dibangun.

Menyampaikan informasi bahwa perusahaan Ecommerce B2B sudah diliput oleh media bisa dilakukan dengan beberapa cara. Entah itu mencapture dan memposting ulang liputan media tersebut di web atau bisa juga dengan mencantumkan logo media tersebut di halaman depan.

Dapat kita lihat contohnya di website Bizzy.co.id yang mana web tersebut pernah diulas oleh berbagai media. Sementara CeraProduction.com lebih memilih untuk mengcapture liputan media tersebut ke dalam postingan blog.

5. Live Chat

Salah satu fitur terbaru dalam web eCommerce B2B saat ini ialah fitur live chat. Meskipun sebagian besar informasi sudah detail disampaikan di website namun perilaku masyarakat Indonesia, masih saja membutuhkan komunikasi secara personal melalui chat.

Memahami bahwa kecepatan dan simplicity menjadi hal yang penting saat ini. Maka kini banyak ecommerce termasuk ecommerce B2B yang menggunakan live chat di websitenya sehingga pengunjung web bisa langsung menghubungi staff Customer Service perusahaan jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

Dengan begitu pengunjung tersebut bisa lebih cepat digiring atau dikonversikan menjadi pembeli atau klien. Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan live chat di web ecommerce B2B-nya ialah ralali dan bizzy.

6. Promo

Hal yang tidak boleh ketinggalan di halaman depan sebuah web Ecommerce baik B2C ataupun B2B ialah informasi promo. Karena bagaimana pun juga sampai saat ini, adanya materi promo baik itu diskon, bonus, paket murah dan lainnya masih cukup efektif untuk merangsang dan atau meningkatkan penjualan.

Begitupun ralali.com, bizzy,co.id, dan CeraProduction.com saat kita memasuki halaman depan web mereka. Maka kita akan langsung disuguhi dengan beragam penawaran  promosi yang sedang berlangsung saat itu.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ecommerce B2B dalam mengelola tampilan website mereka agar tampak menarik dan professional. Semoga bermanfaat.