STRATEGI
Tips Cerdas Memilih Souvenir perusahaan Sebagai Media Promosi
Tips Cerdas Memilih Souvenir perusahaan Sebagai Media Promosi

Beriklan dan melakukan kegiatan promosi merupakan salah satu aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang ingin terus maju. Promosi tak hanya dibutuhkan oleh usaha-usaha kecil yang baru dirintis, bahkan perusahaan-perusahaan multinasional yang brand-nya sudah terkenal pun terus melakukan promosi agar usaha tetap eksis dan terus maju. Baik itu berpromosi secara online melalui Facebook Ads, Adwords dan sebagainya, ataupun promosi offline seperti beriklan di TV dan membagikan souvenir perusahaan.

Ironisnya, masih ada pengusaha yang memandang aktivitas promosi sebagai kegiatan yang hanya akan menghambur-hamburkan uang saja. Hal tersebut biasanya terjadi kepada perusahaan yang seringkali gagal dalam merancang program promosi atau salah dalam menentukan media yang tepat dalam berpromosi. Sehingga budget atau anggaran yang dikeluarkan tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan ataupun memberikan dampak positif yang signifikan bagi perusahaan.

Padahal sejatinya jika kita bisa menghitung dan merancang program promosi perusahaan yang efektif, maka hasilnya pun relatif bisa lebih terukur dan mencapai hasil yang diinginkan. Sebagai contoh, yaitu bagaimana berpromosi menggunakan souvenir perusahaan. Jika kita hanya sekedar membuat dan membagikan sebuah souvenir kepada konsumen tanpa perhitungan dan pertimbangan yang matang, maka bisa jadi seperti perusahaan diatas, yaitu hasil yang didapat tidak terukur dan tidak mencapai hasil yang diharapakan. Namun lain halnya jika program promosi tersebut diperhitungkan dengan matang.

Ada banyak sekali barang yang bisa kita jadikan souvenir perusahaan seperti Ballpoint, kalendar, jam meja, gantungan kunci, handuk, tumbler, flashdisk hingga powerbank. Lalu bagaimana cara memilih souvenir perusahaan yang tepat? Dan bagaimana kita mengetahui apakah souvenir perusahaan tersebut efektif atau tidak sebagai media promosi perusahaan?.

Dalam beriklan atau melakukan promosi. Bukan semata-mata melakukan sesuatu yang kreatif dan menarik perhatian konsumen saja. Namun juga perlu sebuah strategi yang diperhitungkan dengan baik. Sehingga setiap pilihan dan langkah yang diambil merupakan langkah yang beralasan dan memiliki arah tujuan yang jelas bagi perusahaan.

Dalam memilih barang yang dapat dijadikan souvenir perusahaan sebagai media promosi. Berikut tips cerdas memilih souvenir perusahaan sebagai media promosi.

 

1. Melakukan Segmentasi Pasar Yang Spesifik

Seluas dan sebesar apapun pasar bisnis kita. Tidak semua orang bisa menjadi customer kita. Pasar yang sangat beragam tentu akan membutuhkan strategi dan media promosi yang beragam pula. Akan sangat menguras tenaga dan biaya apabila semua pasar kita masuki. Dan yang terburuk adalah hasilnya pun belum tentu maksimal.

Melakukan segmentasi pasar merupakan langkah awal yang tepat untuk dilakukan. Dengan segmentasi pasar yang jelas dan spesifik, akan mempermudah dalam menentukan souvenir perusahaan mana yang tepat sebagai media promosi untuk segmentasi pasar yang dituju. Segmentasi bisa dilakukan mulai dari mengelompokan pasar berdasarkan pasar georgrafis (wilayah) misalkan kota A, Kota B dan sebagainya. Atau segmentasi berdasarkan demografisnya seperti jenis kelamin, umur, golongan ekonomi, pekerjaan, agama dan lain sebagainya.

Contohnya, jika kita mengambil segmentasi mahasiswa dan atau karyawan yang berkutat dengan pekerjaan kantor maka souvenir perusahaan yang bisa dipilih seperti ballpoint, jam meja dan sebagianya. 

 

2. Memahami Insight Dari Target Market Kita

Secara sederhana, insight bisa dipahami oleh keinginan (want), kebutuhan (need) serta ketakutan atau kegelisahan (fear) yang dirasakan konsumen terhadap suatu hal. Dimana dengan mengetahui hal itu, brand dapat hadir dan menjadi solusi bagi konsumen.

Kaitannya dalam pemilihan souvenir perusahaan ialah dengan mengetahui insight yang dimiliki oleh profil audiens (konsumen) penerima souvenir kita, maka kita bisa memilih souvenir yang tepat dan bermanfaat bagi konsumen tersebut.

 

3. Mengetahui Behaviour Konsumen Secara Detail

Setelah melakukan segmentasi dan insight, kita perlu mengetahui behaviour atau perilaku konsumen di segmen tersebut seperti apa. Bagaimana kegiatan mereka sehari-hari, bagaimana cara mereka merespon suatu hal, apa yang mereka lakukan pertama kali saat bangun tidur dan lain sebagainya. Semakin spesifik dan jelas kita dalam memahami behaviour mereka, maka kita akan semakin mudah dalam menentukan barang apa yang tepat untuk dijadikan souvenir perusahaan bagi mereka.

 

Baca Juga  : 5 Souvenir Promosi Kantor Yang Bisa Dicetak Cepat

 

4. Membuat Daftar Benda Yang Menjadi Point Of Contact Konsumen

Point of contact adalah sebuah titik komunikasi yang akan disentuh oleh target market saat ia bangun sampai tidur lagi. Sederhananya adalah barang-barang yang ditemukan dan digunakan oleh target market dalam kehidupannya sehari-hari. Jika kita memahami behaviour konsumen (target market) kita. Maka kita tentu akan mengetahui benda apa saja yang dekat dan melekat dalam kehidupan mereka. Nah benda-benda itulah yang berpotensi besar untuk menjadi media promosi kita dengan menjadikannya sebagai souvenir perusahaan. Dengan begitu, brand perusahaan kita hadir dalam kehidupan konsumen. 

 

5. Memanfaatkan Trend

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah tren yang sedang terjadi saat ini. Bisa diartikan pula waktu yang tepat untuk souvenir perusahaan tertentu. Salah satu keuntungan mengikuti tren ialah souvenir tersebut pasti diterima dengan senang hati dan digunakan dengan bangga oleh konsumen kita. Misalkan saja, souvenir flashdisk dan powerbank yang beberapa tahun terakhir ini menjadi benda yang sangat dibutuhkan dan sering dibawa kemana-mana oleh para pengguna gadget.

Kedua dengan mengetahui tren, kita bisa menghindari keputusan atau pemilihan benda yang dianggap sudah tidak menjadi tren lagi. Jadi meskipun misalnya benda tersebut menjadi point of contact konsumen kita, namun benda tersebut sudah lewat dari tren atau memang tidak terlalu menarik lagi bagi konsumen kita. Maka sebaiknya tidak memilih benda tersebut sebagai souvenir perusahaan yang akan kita bagikan.

Demikian tips cerdas dalam memilih souvenir perusahaan yang tepat. Jika anda ingin tahu produk  souvenir perusahaan yang tepat, Klik Disini. Semoga Bermanfaat.