INTERMEZO
5 Souvenir Kantor Yang Cocok Dibagikan di Bulan Ramadhan
5 Souvenir Kantor Yang Cocok Dibagikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan yang tak hanya syarat akan nuansa religi Islami, namun juga berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Sehingga tidak aneh jika banyak perusahaan yang sudah menyiapkan berbagai program promosi dari jauh-jauh hari. Mulai dari program diskon, membuat event, launching model baru, sampai membagikan souvenir kantor di bulan ini.

Perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih konsumtif dan meningkatnya daya beli masyarakat di bulan Ramadhan menjadi momentum untuk meningkatkan penjualan dan melakukan promosi yang besar-besaran. Hampir semua bidang bisnis akan terkena dampak positif seperti naiknya angka penjualan. Terutama bisnis makanan, mulai dari bahan makanan, rumah makan, snack hingga makanan siap saji. Dan bisnis fashion, budaya di masyarakat kita yang lazim memakai baju baru di hari Lebaran membuat bisnis ini seperti memasuki masa panennya.

Namun secara umum, moment bulan puasa atau Ramadhan ini adalah moment yang pas bagi semua bidang bisnis atau perusahaan untuk melakukan promosi dan mengambil hati target audiens kita terutama yang beragama Islam. Dengan membuat program promosi yang tepat maka kita bisa memperkuat brand positioning kita di benak mereka. Salah satu caranya yaitu berpromosi melalui souvenir kantor.

 

Membagikan Souvenir Kantor Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan identik dengan beramal baik, saling berbagi menjadi ritual yang selalu digalakan sepanjang bulan. Maka ini adalah waktu yang tepat untuk brand atau perusahaan kita mendekati target audiens kita. Berbagi dan menyelipkan pesan promosi melalui souvenir kantor.

Pertanyaannya adalah souvenir kantor apa yang cocok untuk dibagikan saat bulan Ramadhan?. Kembali pada prinsip dasar dalam memilih souvenir kantor, benda tersebut sebaiknya benda yang memiliki manfaat (fungsional) dan sering digunakan atau dilihat oleh target audiens kita.

Nah dibawah ini adalah beberapa barang yang bisa dijadikan souvenir kantor saat bulan Ramadhan.

 

1. Kalender Jadwal Shalat dan Imsak

Jadwal shalat dan imsak menjadi hal krusial untuk kita ketahui di saat bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan umat muslim berlomba untuk meningkatkan kualitas ibadah dengan melakukan shalat tepat waktu. Sehingga adanya kalender waktu shalat akan sangat membantu mereka dalam mengetahui waktu shalat. Selain itu jadwal Imsyak dan berbuka adalah informasi penting lainnya. Dengan mengetahui jadwal tersebut dengan benar, maka kita dapat mengatur waktu jam berapa sahur dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk makan agar tidak lewat dari waktu Imsyak.

Kita dapat mengkustom kalender waktu shalat ini sebagai souvenir kantor dengan desain yang sesuai dengan identity perusahaan kita yang bernuansa Islami. Kemudian kalender ini bisa dibagiakan kepada target audiens kita yang beragama Islam. Baik itu konsumen, calon pembeli, karyawan ataupun partner bisnis kita. Sebaiknya kalender jadwal shalat dan imsyak ini dibagikan sebelum atau di awal bulan puasa.

 

2. Amplop / Angpau

Memberikan angpau yang berisi uang kepada sanak suadara bukan hanya menjadi budaya saat Imlek saja. Entah sejak kapan dan siapa yang memulainya, memberikan angpau atau sering disebut juga salam tempel ini, menjadi lazim dilakukan oleh masyarakat Islam Indonesia di penghujung Ramadhan yakni hari Lebaran atau Idul Fitri.

Bagi orang yang sudah bekerja dan berkeluarga biasanya akan memberikan angpau ini kepada anak, keponakan, atau sanak saudaranya yang masih kecil. Sebagai ucapan selamat hari raya dan hadiah karena sudah berpuasa di bulan Ramadhan. Nah agar lebih elegan dan menarik, uang tersebut bisa kita masukan ke dalam amplop.

Lalu bagaimana perusahaan memanfaatkan memontum ini?. Perusahaan dapat membuatkan amplop angpau sebagai souvenir kantor bagi karyawannya yang mudik di hari Lebaran. Dengan desain yang menarik dan tentunya mencantumkan logo atau identity perusahaan kita. Hal ini dapat meningkatkan ikatan emosional perusahaan kita dengan karyawan dan keluarganya. Karena secara tidak langsung brand atau perusahaan kita hadir dalam kebahagian keluarga besar dari karyawan kita. Dan bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa amplop tersebut tersebar lebih luas lagi.

 

Anda Ingin Memesan Souvenir Kantor Untuk Bulan Ramadhan Tapi Tidak Punya Banyak waktu Untuk Browsing?

Segera download katalog harga lengkap seluruh produk kami melalui link dibawah ini :

 

3. Sticker

 

Bagaimana sticker dapat menjadi souvenir kantor yang efektif di bulan Ramadhan? Jawabannya sederhana, buatlah sticker yang bernuansa religi seperti misalkan berupa doa, ayat al quran, nasihat atau quotes yang menarik. Saat bulan puasa, orang menjadi lebih religius dan membutuhkan motivasi. Sticker dapat menjadi media untuk menyalurkan hal tersebut.

Tak lupa kita tetap memasukan identity perusahan baik itu logo, nama, atau warna yang selaras dengan perusahaan. Sehingga meskipun kontennya berupa kalimat atau kata yang religius namun pesan promosi kita tetap dapat tersampaikan kepada si penerimanya. Sticker dengan desain yang bagus dan kata-kata yang menarik akan membuat penerimanya bangga memasang sticker tersebut di tempat-tempat strategis seperti pintu, kaca mobil, body kendaraan dan lain sebagainya.

 

4. Mug

Saat bulan Ramadhan, orang akan dekat sekali dengan meja makan. Menghadirkan brand kita dimeja makan mereka adalah pilihan media yang layak dipertimbangkan. Menjadikan mug sebagai souvenir kantor di bulan Ramdhan sangat cocok, terlebih jika ditambah dengan sentuhan desain yang juga bernuansa religi.

 

5. Tas furing atau Goodie Bag

Saat bulan puasa khususnya menjelang lebaran, perusahaan seringkali membuat program CSR seperti buka puasa bersama anak yatim dan atau kaum Dhuafa. Biasanya di akhir acara perusahaan akan membagikan merchandise atau parcel untuk peserta acara tersebut. Nah pemanfaat tas furing atau goodie bag yang sudah di kustomisasi sebagai souvenir kantor akan membuatnya lebih elegan dan bermuatan promosi.

Hal ini bisa juga dilakukan saat memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) bagi karyawan kita. Tidak hanya uang, snack atau semacam parcel juga lazim diberikan perusahaan saat membagikan THR bagi karyawannya. Atau bisa juga dibagikan kepada partner bisnis kita seperti supplier, rekanan perbankan, konsultan perusahaan dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti amplop angpau tadi, memberikan hadiah atau souvenir kantor kepada pihak-pihak tersebut dapat meningkatkan ikatan emosional dan loyalitas mereka terhadap perusahaan.

Jadi tunggu apalagi, ayo manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, calon pembeli, karyawan ataupun partner bisnis kita.