PERCETAKAN
5 Alasan Pentingnya Packaging Produk Yang Harus Anda Ketahui
5 Alasan Pentingnya Packaging Produk Yang Harus Anda Ketahui

Para pelaku bisnis saat ini harus benar-benar cermat mencari cara supaya produknya terus dicari konsumen. Selain kualitas produk, kemasan atau packaging juga mempunyai andil besar untuk dapat menarik minat konsumen. Jika kita amati perilaku konsumen saat berbelanja di minimarket, tidak semua konsumen memiliki waktu untuk berlama-lama mengamati produk satu-persatu. Ada konsumen yang mendapatkan produk yang dicari dengan hanya melihat logo atau packaging produk tersebut.

Kemasan atau packaging merupakan salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila packaging produknya terlihat menarik dan memilik karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk tersebut.

 

1. Melindungi Produk

Fungsi terpenting kemasan / packaging produk adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Kemasan produk memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah tergores, basah, dan cacat. Apalagi saat pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalanan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan / packaging yang baik, produk menjadi lebih terjamin keamanannya.

 

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Kemasan produk secara tidak langsung dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi bisnis online, konsumen Anda akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Nah, disinilah fungsi packaging produk untuk melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen terhadap produk secara otomatis akan terbangun.

 

Anda bingung memilih desain dan material packaging untuk brand atau toko online Anda?

Cera luncurkan layanan desain dan cetak packaging

 

 

3. Menambah Daya Tarik

Jika kita amati perilaku konsumen saat berbelanja di minimarket, tidak semua konsumen memiliki waktu untuk berlama-lama mengamati produk satu-persatu. Ada konsumen yang mendapatkan produk yang dicari dengan hanya melihat logo atau packaging produk tersebut. Kemasan atau packaging merupakan salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila packaging produknya terlihat menarik dan memilik karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk tersebut.

 

4. Mempromosikan Produk

Pada kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda. Seperti nama brand, logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial, manfaat, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, pastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan membuatnya jadi tidak menarik.

 

5. Memperkuat Karakteristik Produk

Jika Anda memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis Anda. Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tahu apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.

 

itulah lima manfaat packaging atau kemasan produk dalam pemasaran. Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis, mulai siapkan desain kemasan yang terbaik.