INTERMEZO
3 Alasan Kenapa Lembur Harus Dihindari
3 Alasan Kenapa Lembur Harus Dihindari

Bekerja harus dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup sekaligus membina relasi. Tidak hanya itu saja, bekerja tentu bisa memberi kepuasaan tersendiri apalagi jika kamu bekerja di bidang sesuai yang diinginkan. Namun, jangan sampai kamu mendewakan pekerjaan hingga pulang larut malam tiap hari. Tiga alasan penting di bawah ini bakal menyadarkanmu untuk pulang kantor tepat waktu dan mulai menghindari kebiasaan lembur di kantor.

 

1. Lembur akan mengurangi fokusmu

Lembur tidak membuatmu menjadi karyawan paling rajin bulan ini. Justru ini artinya kamu tidak bisa me-manage waktu dengan baik selama bekerja. Gunakanlah waktu sebagaimana mestinya. Bekerja giat di saat jam kerja dan beristirahatlah ketika memang kamu harus istirahat. Karena lembur dapat mengurangi fokusmu dalam bekerja.

 

2. Semakin banyak Lembur, semakin stress hidup

Memang benar bahwa tambahan jam kerja berarti menambah pemasukan, namun Anda akan terus-menerus merasa tertekan dan merasa perlu terus mengambil lembur karena mengejar pemasukan tersebut. Anda akan dilanda kebingungan memilih, karena fisik Anda sebenarnya sudah lelah, namun Anda tergantung pada pemasukan lembur.

Alhasil, Anda malah akan semakin stres. Karenanya, lebih baik Anda bijaksana mengatur waktu bekerja agar tidak perlu mengalami kebingungan serupa.

 

3. Jam Kerja yang berlebihan akan semakin membuatmu kelelahan

Energi tubuh yang terkuras habis sangat rentan dialami oleh mereka yang sering mengambil jam lembur karena kelelahan secara berlebih dan kewalahan. Kondisi ini diakibatkan. terutama karena adanya lingkungan dan sifat pekerjaan yang memiliki tingkat stres yang tinggi, atau akibat tenaga yang terlalu diforsir, sehingga membuat Anda merasa kehabisan tenaga, sakit dan sulit tidur.

Menurut sebuah studi dari Aragon Institute of Health Sciences, orang-orang yang bekerja selama lebih dari 40 jam per minggu memiliki risiko mengalami kondisi kelelahan dan kewalahan ini. Untuk menghindarinya, tentukan prioritas Anda dan pertimbangkan rasa bahagia Anda dalam menjalani pekerjaan tersebut ketika Anda merasa mulai kewalahan.

 

Itulah 3 alasan kenapa lembur di kantor harus Anda hindari. Semoga bermanfaat.